Filemon 1:1-7 ITB

Dari Paulus, seorang hukuman karena Kristus Yesus dan dari Timotius saudara kita, kepada Filemon yang kekasih, teman sekerja kami dan kepada Apfia saudara perempuan kita dan kepada Arkhipus, teman seperjuangan kita dan kepada jemaat di rumahmu: Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku, karena aku mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus. Dan aku berdoa, agar persekutuanmu di dalam iman turut mengerjakan pengetahuan akan yang baik di antara kita untuk Kristus. Dari kasihmu sudah kuperoleh kegembiraan besar dan kekuatan, sebab hati orang-orang kudus telah kauhiburkan, saudaraku.


Banyak dari kita memiliki daftar doa yang kita doakan setiap hari, ada yang memiliki tambahan permohonan doa yang mendesak karena ada berbagai tantangan yang dihadapi oleh teman dan keluarga. Sekilas tentang daftar doa saya terdiri dari 3 fokus area – keluarga; pelayanan dan para pelayan; permohonan doa yang mendesak. Saya perhatikan ada satu area yang tidak saya utamakan adalah ucapan syukur bagi orang-orang yang melayani Tuhan dengan setia dan berhasil dengan baik.


Surat Rasul Paulus kepada Filemon dimulai dengan mendeklarasikan bahwa kasih Filemon untuk orang percaya dan imannya kepada KRISTUS yang membuat Paulus senantiasa mengingat Filemon dalam doa-doanya. Paulus berdoa agar persekutuannya dengan Filemon akan menambah pemahamannya akan segala hal yang baik.


Merupakan hal yang penting bagi kita untuk mendoakan mereka yang sedang mengalami berbagai tantangan, juga berdoa bagi keluarga dan kebutuhan kita. Sama pentingnya untuk mendoakan mereka yang dalam keadaan baik, sehingga mereka menjadi semakin baik agar mereka bertumbuh dalam pemahaman mereka akan segala karunia yang baik dalam Tuhan.


Paulus menulis surat kepada jamaat di Filipi agar tidak kuatir akan segala hal tetapi menyatakan segala keinginan dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur (Filipi 4:6).


Saudara yang terkasih, Yesus adalah kemenangan dan kepercayaan kita dalam segala hal. Dia adalah bukti untuk hal-hal yang belum kita lihat. Yesus telah menaklukkan segalanya dengan demikian ucapan syukur seharusnya menjadi bagian yang besar dari doa-doa kita. Saudara yang terkasih, mari kita merenungkan akan segala hal yang baik, yang mulia, yang suci dan datanglah ke dalam hadirat ABBA dengan ucapan syukur saat Roh Kudus memperdalam pemahaman kita akan karunia Allah yang sempurna bagi kita. Saudara yang terkasih, jawaban bagi doa kita ada dalam ucapan syukur kita. – PL